KANKER DAN PENYEBABNYA

Sejarah menunjukkan bahwa manusia dan hewan telah memiliki kanker sejak zaman purbakala. Jadi tidak mengherankan sejarah menunjukkan bahwa dari zaman dulu orang telah menulis tentang kanker. Beberapa bukti paling awal dari kanker ditemukan diantara tumor fosil tulang mumi manusia di mesir kuno. Pertumbuhan sugestif dari kanker tulang yang yang disebut osteosarcoma telah terlihat di mumi.kerusakan tulang tengkorang seperti yang terlihat pada kanker kepala dan leher telah ditemukan juga.

Deskripsi tertua kanker ditemukan di mesir dan bertanggalkan sekitar 3000 tahun sebelum masehi. Hal ini disebutkan dalam Edwin smith papyrus dan salinan bagian dari buku teks mesir kuno. Dalam buku ini digambarkan 8 kasus tumor atau borok payudara yang dibedah ataupun daikaterisasi (dibakar). Tulisan tersebut mengatakan “tidak ada pengobatan” untuk penyakit tersebut.

ASAL KATA KANKER

Asal kata kanker pertama diberikan oleh dokter Yunani Hippocrates (460-370 S.M.), yang dikenal sebagai “bapak kedokteran.” Hippocrates menggunakan istilah carcinos dan karsinoma untuk menggambarkan non-ulkus membentuk dan ulkus pembentuk tumor. Dalam bahasa yunani, kata-kata ini merujuk kepada kepiting. Besar kemungkinan karena penyakit ini memiliki jari-jari dan penyebaran memiliki bentuk seperti kepiting.

Dokter Romawi, Celsus (28-50 M.) kemudian menerjemahkan istilah yunani menjadi kanker, kata latin untuk kepiting. Kemudian Galen (130-200 M.) dokter yunani lainnya, menggunakan kata oncos, yaitu kata yunani untuk pembengkakan, untuk menggambarkan tumor. Meskipun analogi kepiting dari Hippocrates dan celsus masih digunakan untuk menggambarkan tumor ganas, istilah Galen sekarang digunakan sebagai asal dari nama untuk spesialis kanker.

PENYEBAB KANKER

Setelah penelitian dari Dr. otto Warburg, penelitian diberbagai Negara didunia, dimana kekurangan gizi, apakah satu atau lebih vitamin menyebabkan daya tahan tubuh melemah, sehingga sangat mudah untuk mendapatkan penyakit. Beberapa diantaranya sebagai berikut:

  • Kekurangan kolin dalam jumlah sedikit saja dapat menghasilkan kanker hati.
  • Kekuranga vitamin E menambah risiko untuk mendapatkan kanker dan leukemia.
  • Kekurangan lodine dalam makan dapat menghasilkan kanker, khususnya pada kelenjar thyroid.
  • Kekurangan berbagai vitamin B dapat menyebabkan kerusakan hati yang dapat menjadi kanker ganas.
  • Kekurangan mineral zinc dapat menyebabkan kanker prostat.
  • Kekurangan vitamin A dapat melumpuhkan daya tahan tubuh dalam menghadapi berbagai penyebab kanker dan menyebabkan perkembangan perkembangan tumor.
  • Kekurangan vitamin D sekarang diakui sebagai pandemi. Penyebab utama dari kekurangan vitamin D adalah kurangnya apresiasi bahwa paparan sinar matahari dalam jumlah sedang, merupakan sumber utama vitamin D bagi kebanyakan manusia.

MAKANAN PENYEBAB KANKER

Masalah umum yang terjadi sekarang ini ialah makanan kita sering terpengaruh dengan makanan kebarat-baratan berhubungan dengan kanker

  • Makan sekarang memberikan makan kepada sel kanker
  • Makanan sekarang membuat sel normal membuat kanker
  • Makanan sekarang melemahkan fungsi kekebalan tubuh kita

Factor makanan khususnya yang mengandung zat kimia dapat menjadi faktor risiko yang dapat menyebabkan berbagai jenis kanker, ada empat macam makanan yang paling disukai sel kanker :

  • Makanan dari hewan.
  • Gula yang diproses dan pemanis sintetik
  • Biji-bijian yang telah diproses
  • Lemak dan minyak-minyak

MAKANAN BERASAL DARI HEWAN

Makanan yang berasal dari hewan merupakan penyebab dari berbagai kanker. Seperti daging, ayam, ikan, makanan laut, termasuk juga susu, dan telur. Sebagai contoh, lebih dari 9 miliar ayam dikonsumsikan setiap tahun. Berarti lebih dari satu juta ayam dalam setiap jam. Bagaimanakah makanan dari hewan memberikan kontribusi kepada pengembangan kanker? Ada 4 komponen yang perlu kita ingat:

  1. Protein dan lemak hewan
  2. Racun kimia dan hormone sintetik
  3. Kurangnya serat atau fiber
  4. Tingginya suhu dan lamanya memasak makanan tersebut